3 Rekomendasi Game Seru Berkonsep Metaverse, Yuk Cobain!

By - Jacob
01-04-2022 06:30 AM

Sumber: Unsplash.com

Metaverse terus menjadi topik hangat di kalangan pecinta teknologi maupun penggemar game setelah facebook mengganti nama menjadi Meta.  Metaverse sendiri adalah sebuah dunia virtual yang menawarkan banyak aktivitas selayaknya dunia nyata, tempat di mana seseorang dapat menjelajah dengan pengguna lainnya, seperti halnya pergi melihat karya seni hingga beribadah di gereja secara real-time

Nah, terdengar seru bukan? Apalagi disaat pandemi COVID-19 seperti saat ini, banyak kegiatan fisik yang harus dibatasi. Untuk mengisi kegiatan selama di rumah, berikut 3 rekomendasi game dengan konsep metaverse yang seru dan wajib kamu cobain. Yuk, disimak! 


Roblox

Roblox adalah game yang sukses mengumpulkan 47 juta pengguna aktif harian global dan 9,5 juta developers yang turut mengembangkan dunia virtual ini. Dengan konsep metaverse, Roblox membawa pemainnya untuk dapat bersosialisasi dan bermain secara langsung hingga mengambil bagian dalam perekonomian digital. 

Walaupun kebanyakan pengguna Roblox adalah anak-anak dan remaja, tetapi perusahaan ini akan terus mengembangkan lebih banyak fitur yang dapat dinikmati pemain yang lebih dewasa. 


Sandbox

SandBox adalah game berkonsep metaverse yang dibangun di atas blockchain Ethereum, tempat pengguna dapat membangun dan memonetisasi pengalaman bermain game mereka termasuk mendesain karakter sendiri. 

Dengan format Play-To-Earn (bermain untuk menghasilkan uang) penggunanya dapat membeli sebidang tanah kemudian dapat membangun apapun di tanah tersebut. Setelah dibangun, kemudian dapat dijual melalui pasar NFTseperti OpenSea.

Sebagai pemain, kamu bebas memilih untuk menjadi pencipta yang akan membangun dunia impianmu atau menjadi seorang pemain yang hanya berpartisipasi dalam  dunia yang sudah dibuat oleh pemain lainnya.


Somnium Space

Rekomendasi terakhir adalah Somnium Space yang cocok untuk kamu yang memiliki perangkat VR (virtual reality). Kamu dapat berkeliling dan bertemu dengan pemain lain dari seluruh dunia karena Somnium Space mengakomodasi semua pemainnya dalam satu dunia yang sama. 

Sebagai pemain, kamu dapat membeli tanah, membangun gedung di atasnya, lalu menjualnya melalui pasar NFT menggunakan mata uang kripto. Jika kamu memiliki bakat dalam seni desain grafis, akan mudah bagimu mencari nafkah melalui platform Somnium Space.

Itulah 3 rekomendasi game terbaik dengan konsep metaverse yang bisa kamu coba. Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, maka semakin banyak game yang menawarkan pengalaman baru. Game berkonsep metaverse menawarkan berbagai kemudahan bagi kita selama pandemi karena dapat berjumpa dengan teman dan orang baru secara virtual. 

Tentunya game berkonsep metaverse memiliki potensi yang besar namun juga diperlukan banyak pengembangan dari developer agar dapat meningkatkan pengalaman bermain. Bermain game akan semakin seru menggunakan internet yang cepat dan stabil dari Groovy! (PA)

Jacob