Andalworks Podcast Teknologi, Internet, dan Bisnis

24-04-2020 08:39 AM

Hello World by Andalworks adalah Podcast bahasan seputar dunia teknologi, internet, dan bisnis yang menarik untuk didengarkan, follow, dan subscribe. Andalworks membuat podcast ini agar dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pendengar di tanah air. 

Apa itu Podcast?

Podcast adalah salah satu media di dunia teknologi internet yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi dalam bentuk suara. Suara yang dimaksud disini bisa musik, orang berbicara, bernyanyi atau ragam bunyi lain. Mendengarkan podcast dilakukan dengan cara streaming. Tanpa perlu mendownload file terlebih dahulu lalu mendengarnya dengan aplikasi khusus seperti file mp3.

Cara mendapatkan Podcast

Untuk mengikuti podcast terlebih dahulu mengunduh aplikasi podcast pada smartphone. Namun bisa juga menggunakan laptop atau pc dengan cara menjelajah situs platform podcast yang dimaksud. Kemudian dari situs platform tersebut biasa nya ada informasi bagaimana cara mendapatkan aplikasi podcast player untuk di instal di smartphone

Saat ini ada beberapa platform terbaik untuk dapat mendengarkan podcast seperti Spotify, Apple Podcast, Anchor, Breaker, Castbox, Pocket Cast, Stitcher, dan Google Podcast. Setelah aplikasi ada di smartphone tentunya perlu koneksi internet agar dapat mendengarkan podcast secara streaming.

Kenapa Podcast?

Podcast cocok untuk gaya hidup multitasking dengan kesibukan yang tinggi. Informasi bisa didapatkan tanpa mengganggu aktivitas. Dimana dengan podcast disini cara mendapatkan informasi cukup hanya dengan mendengar. Misalnya sambil makan siang dapat mendengarkan podcast.

Atau ketika berkendaraan di mobil, menunggu bus, sambil antri, mendengarkan podcast dapat dilakukan secara paralel dengan kegiatan lain. Dengan begini podcast juga dapat didengarkan secara berulang-ulang. Sehingga memungkinkan mendapatkan suatu informasi dengan jelas.

Kalau dengan platform lain seperti website, ebook, email atau social media, informasi didapat dengan cara membaca dan melihat. Begitu juga dnegan platform video, tidak hanya mendengar tapi juga harus konsentrasi untuk melihat dan mencerna tayangan.

Kegunaan Podcast

Untuk memberikan informasi melalui podcast diperlukan sejumlah perangkat. Mulai dari microphone, headset, dan mixer audio. Namun membuat podcast yang terpenting sebenarnya adalah bukan bagaimana cara membuat podcast tapi dari sudut pandang lain yaitu podcast dibuat untuk tujuan apa.

Misal podcast bisnis yaitu podcast yang membicarakan cara melakukan bisnis. Mulai dari awal hingga bisnis online. Podcast internet yang membahas tentang dunia internet.

Ada banyak rekomendasi podcast yang cukup populer seperti PJ Vogt dan Alex Goldman. Podcast lazim digunakan sebagai salah satu dari media digital marketing suatu perusahaan atau perorangan.

Podcast Andalworks dibuat untuk dapat memberikan informasi yang berguna bagi pendengar di tanah air khusus nya tentang teknologi, internet, dan bisnis.

Andalworks Podcast

Episode pertama podcast Andalworks tayang pada tanggal 7 April 2020. Dibawakan oleh dua Host, yaitu Abi Aufar dan Shelly Friska. 

Andalworks akan menyampaikan teknologi yang berkaitan dengan produk yang ada saat ini. Seperti Nusa Solutions yaitu solusi internet untuk bisnis. Produk idcolo untuk hosting dan colocation server. Groovy Internet, internet untuk rumah dan apartment.

Pada Episode 2 contoh nya, Andalworks membicarakan tentang solusi Nusa terhadap bisnis ketika dihadapkan situasi dan kondisi seperti saat ini yaitu pandemi coronavirus. Dimana saat nya karyawan bekerja dari rumah. Sedangkan pelayanan operasional perusahaan tidak boleh berhenti. Contoh nya seperti pada perusahaan jasa atau pelayanan pelanggan.

Sebab itu Nusa memberikan solusi bagaimana agar telepon perusahaan dapat tetap berfungsi ketika karyawan bekerja dari rumah. Dan ketika karyawan bekerja dari rumah menghubungi pelanggan nya tetap terlihat seperti bekerja di kantor. Karena nomor yang tampil di smartphone pelanggan adalah nomor perusahaan.

Dengan demikian pelanggan tidak perlu kecewa karena layanan tetap berfungsi ketika terjadi kendala. Perusahaan tetap dapat dihubungi dan karyawan perusahaan tersebut tetap dapat melayani pelanggan walaupun bekerja dari rumah.

Silahkan dengar podcast Episode 2 tentang Clouud PBX ini.

Untuk mendapatkan podcast Hello World by Andalworks pendengar bisa menggunakan platform sbb:

Pada dasarnya platform podcast tersebut dapat digunakan secara gratis alias free. Cukup menggunakan email aktif untuk mendaftar di platform podcast tersebut. Kemudian podcast Andalworks bisa didengarkan.

Jika pendengar mempunya kritik dan saran atau ide topik apa yang menarik untuk dibicarakan dapat menghubungi host Andalworks melalui Twitter atau DM social media Andalworks lain nya di Instagram, Facebook, dan Linkedin.

Jangan lupa subscribe atau follow Andalworks Podcast. Silahkan berikan rating dan komentar pada masing-masing podcast platform. Aktifkan notifikasi dan nantikan episode menarik berikut nya.

andalworks