Alasan Facebook Mengganti Nama Menjadi Meta

By - Jacob
11-05-2022 06:30 AM

Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Pada Oktober 2021 lalu, Facebook Inc. resmi mengganti nama menjadi Meta setelah 17 tahun berdiri. Meta merupakan impian Mark Zuckerberg untuk memiliki identitas brand baru yang selaras dengan visi Facebook Inc. yaitu membangun Metaverse. Metaverse adalah dunia virtual yang di mana semua pengguna bisa terhubung dan berinteraksi dengan pengguna lain di Internet secara real-time


Metaverse akan menjadi masa depan perkembangan internet. Maka dari itu, Facebook memilih untuk memulai Metaversenya sendiri. Ditambah Facebook adalah sosial media yang digunakan oleh hampir 3 miliar pengguna aktif setiap bulannya dan Mark memilih untuk mengikuti perkembangan zaman ke arah yang patut diperhatikan di era industri 4.0. 


"Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk, sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan," kata Zuckerberg dikutip Reuters, Jumat (29/10/2021). 


Dengan adanya peralihan Facebook menjadi Meta, Hal ini membuka peluang yang lebih besar untuk menjadi platform masa depan dan memberikan pengalaman bersosial dengan cara berbeda. 


Sementara itu di Indonesia,  ekosistem Metaverse akan dikembangkan oleh PT. Bank Mandiri (persero) dengan kolaborasi bersama WIR Group, perusahaan berbasis teknologi digital reality terkemuka di Asia Tenggara. Mereka memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman terbaik secara 3D kepada masyarakat Indonesia. 


Tapi Andal listener mungkin akan bertanya-tanya, apa yang membuat Mark Zuckerberg memilih untuk melakukan rebranding alih-alih mengembangkan Facebook saja? Apa saja kelebihan yang ditawarkan dari Metaverse? selengkapnya akan dibahas lebih detail lagi di episode 10. yuk dengerin! #makelifeeasier (PA)

Jacob