Apa itu Fiber Optik? Kelebihan dan Kekurangannya

By - Jacob
11-04-2022 06:30 AM

Sumber: Unsplash.com

Jaringan internet di Indonesia semakin berkembang dengan digunakannya kabel Fiber Optik atau FO. Segala pengiriman data dan informasi melalui fiber optik akan semakin cepat. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum terlalu paham apa itu fiber optik dan seperti apa bentuknya. Fiber optik merupakan teknologi yang terdiri dari serangkaian serat kaca atau plastik yang bisa mengirimkan sinyal informasi dalam bentuk cahaya sehingga mampu mengirimkan data secara cepat dengan jarak yang jauh. Seperti kabel lainnya, serat kaca pada kabel FO dibalut dengan bahan plastik.


Sebelum adanya fiber optik, jaringan telekomunikasi masih menggunakan kabel tembaga. Kabel tembaga mempunyai hambatan dan terbatasnya jangkauan, maka digantikan dengan kabel fiber optik yang tanpa batasan jarak dan kapasitas. Selain itu, fiber optik tidak berpengaruh oleh interferensi elektromagnetik, tahan air, dan tidak menghasilkan percikan api. Jenis-Jenis fiber optik terbagi menjadi dua berdasarkan mode transmisinya:

Single Mode
Kabel fiber optik dengan transmisi tunggal ini mengirimkan data berbentuk cahaya melalui satu inti dalam satu waktu. Mode ini memiliki inti berukuran sekitar 9 mikrometer yang menyalurkan gelombang cahaya dengan jarak cukup jauh. 


Multi-Mode
Multi mode merupakan mode transmisi yang dapat mengirimkan banyak cahaya dalam waktu bersamaan melalui inti yang lebih besar dengan ukuran 625 mikrometer. Biasanya, kabel jenis ini digunakan untuk skala komersial.


Walaupun jaringan fiber optik memiliki banyak kelebihan, tidak dapat dipungkiri ada kekurangannya. Fiber optik membutuhkan teknisi berpengalaman sehingga biaya instalasi dan perawatannya membutuhkan biaya lebih banyak dibandingkan kabel tembaga. Selain itu, penempatan kabel fiber optik harus dipasang di jalur yang lurus, tidak berbelok supaya proses transmisi gelombang bisa lebih lancar.

Itulah penjelasan mengenai fiber optik yang bisa menjadi pertimbangan untuk menunjang aktivitas Anda. Kendati ada biaya lebih yang harus ditanggung, Anda dapat merasakan pengiriman data yang sangat cepat dan stabil, cocok untuk kebutuhan akan data dalam skala besar. Hal tersebut tentu juga didukung dengan bahan berkualitas dan perawatan perangkat secara berkala.

Jacob