Apa Itu Wi-Fi dan Bagaimana Cara Kerjanya?  

By - Jacob
29-06-2022 06:15 AM
Sumber: Unsplash.com

Wi-Fi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio untuk menyediakan akses internet sehingga dapat menyambungkan perangkat seperti komputer, perangkat seluler, dan perangkat lainnya dengan kecepatan yang tinggi. Untuk dapat terhubung, perangkat harus berada dalam satu titik akses poin yang akan disambungkan ke perangkat keras seperti router, hub atau switch melalui kabel ethernet. 


Gelombang radio yang digunakan adalah dengan rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz. Perbedaannya terdapat pada jangkauan jarak dan frekuensi jaringan yang mana 2,4 GHz dapat mencapai jarak konektivitas yang lebih luas. Sedangkan, jaringan dengan frekuensi 5 GHz memiliki koneksi yang lebih kencang namun lebih sedikit perangkat yang dapat menggunakan frekuensi ini. 


Nama Wi-Fi sendiri pertama kali digunakan sebagai sebuah nama komersial pada tahun 1991. Pencetus nama Wi-Fi adalah perusahaan konsultasi brand yang dipekerjakan oleh Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA) sebagai pengganti nama IEEE 802.11b karena nama tersebut dianggap terlalu panjang dan sulit diingat. 


Cara kerja Wi-Fi cukup sederhana karena harus memiliki router sebagai jembatan penghubung antara perangkat dan internet. Dilansir dari lifewire.com, router nantinya akan menerima lalu mengirimkan koneksi internet yang berasal dari penyedia layanan internet ke sejumlah perangkat melalui gelombang udara. Alhasil, perangkat yang ada di dekat router mendapatkan sinyal internet.


Wi-Fi memiliki beberapa fungsi dan manfaat dan dapat membantu banyak pekerjaan manusia salah satunya adalah membuat koneksi jaringan internet lebih lancar. Selain itu, Wi-Fi juga dapat menghubungkan dua perangkat elektronik agar bisa berbagi file dengan lebih mudah dan cepat tanpa kabel.


Di zaman yang serba canggih ini, Wi-Fi sangat berguna untuk membantu segala macam pekerjaan manusia dan kedepannya akan ada perkembangan teknologi Wi-Fi generasi 6 yang lebih canggih dari Wi-Fi saat ini. Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan dari Wi-Fi 6 yang akan datang? Selengkapnya akan dibahas oleh Pretty dan Zahron pada Podcast Hello World by Andalworks episode 3 mengenai seluk beluk Wi-Fi. (PA)

Jacob