Apa Saja Kegunaan Server? Simak fungsinya!

By - Jacob
03-06-2022 06:30 AM
Sumber: Unsplash.com

Di era digital saat ini, server menjadi salah satu komponen penting untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan. Aktivitas seperti menyimpan, mengirim, hingga menerima data akan lebih cepat jika memiliki Server. Lantas, apa definisi dari server? 

Server merupakan sistem komputer yang berisi berbagai macam data. Untuk mendapatkan data yang diinginkan, komputer klien membutuhkan komputer server supaya bisa terhubung pada jaringan untuk meminta data yang terdapat pada server. 

Maka dari itu, server memiliki peran penting dalam menyediakan akses cepat untuk mengirim dan menerima data yang tersedia dalam server. Bentuk fisik server terdiri dari jaringan komputer berukuran besar dan memiliki komponen pendukung seperti prosesor dan RAM (Random Access Memory) berkapasitas sangat besar. 

Adapun, server terbagi menjadi berbagai jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenisnya:

Mail Server

Mail server adalah sebuah server yang memiliki tugas untuk mendistribusikan dan menampung email dalam satu jaringan server yang sama. Segala data yang dikirimkan menggunakan domain email khusus atau bersifat eksklusif. Selain itu, client atau pemilik server bisa mengakses server email melalui aplikasi karena pada dasarnya mail server menggunakan layanan client-server. 

File Server

Tugas utama sebuah file server adalah tempat seperti lokasi disk untuk menyimpan data serta bertukar informasi. File server terdiri dari perangkat komputer dengan kecepatan tinggi dan media penyimpanan serta kapasitas RAM yang besar. File server umumnya dianggap sebagai inti penting dari sebuah jaringan. 

Database Server 

Database server membantu pengguna untuk memudahkan dalam proses penyimpanan data yang besar. Definisi dari database server sendiri merupakan sebuah program komputer yang berfungsi menyalurkan data ke komputer lainnya. Dalam hal ini, penggunaan database server dapat mencegah adanya inkonsistensi data, menjaga kualitas data yang diakses, serta mempermudah segala proses yang berhubungan dengan data. 

Web Server

Web server adalah perangkat lunak yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari web browser seperti Firefox, Opera, dan Chrome. Setelah permintaan diterima, maka akan ada tanggapan dalam bentuk halaman situs web atau yang dikenal dengan dokumen HTML. Web server juga memiliki beberapa fungsi lain, diantaranya membersihkan penyimpanan, cache, dan modul yang tidak terpakai, memastikan keamanan HTTP request yang dikirimkan browser, hingga memverifikasi semua modul tersedia dan siap digunakan. 

Proxy Server

Proxy server memiliki peran sebagai perantara jaringan sehingga memungkinkan pengguna mengakses internet menggunakan alamat IP yang berbeda dengan yang ada pada perangkat. Proxy server menjadi pintu bagi pengguna supaya bisa terhubung dengan internet. Saat mengakses website melalui browser, proxy yang bertugas untuk mengirim dan menerima informasi dengan web server. 

DHCP Server

Dynamic Host Configuration Protocol atau yang disingkat menjadi DHCP merupakan sebuah layanan jaringan yang bekerja secara otomatis untuk memberikan nomor IP kepada komputer yang melakukan permintaan. DHCP bertugas untuk mengenali perangkat yang terhubung sehingga memudahkan pengalokasian alamat IP dalam suatu jaringan.


Untuk memenuhi kebutuhan server bagi perusahaan, Idcolo hadir untuk memberikan layanan penyedia server yang handal dan terjamin. Kunjungi www.idcolo.comuntuk mengetahui layanan yang tersedia.

Jacob