Bahaya Penggunaan VPN Gratis, Wajib Pahami Dampaknya!

By - Jacob
29-03-2022 06:46 AM

Sumber: Unsplash.com

Virtual Private Network (VPN) mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. VPN adalah layanan yang memungkinkan pengguna internet untuk mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain. Dengan kata lain, VPN menghubungkan perangkat ke perangkat lain di tempat yang berbeda sehingga kamu bisa menggunakan koneksinya. Maka dari itu, banyak pengguna internet yang bisa dengan bebas membuka situs yang bahkan sudah di blokir oleh pemerintah.

Namun, banyak pengguna internet yang tidak menyadari akan bahaya keamanan yang ditimbulkan dari menggunakan VPN gratis. Perlu diketahui bahwa ada bahaya dari penggunaan VPN gratis yang bisa mengancam privasimu, loh!

Kira-kira apa saja dampak bahaya dari penggunaan VPN? Berikut adalah 5 poin penting yang wajib kamu ketahui.

Pencurian Data Pribadi
Penggunaan VPN gratis memungkinkan adanya pencurian data pribadi. Data-data pribadimu akan direkam dan dipantau oleh penyedia layanan VPN setiap kali terdapat aktivitas. Dikutip dari VPNMentor, ada sebuah riset yang menyebutkan 72% VPN gratisan yang terpasang aplikasi pihak ketiga untuk bisa memantau atau merekam aktivitas online penggunanya. Kondisi tersebut memang dianggap ironis karena bertentangan dengan prinsip VPN. 

Parahnya lagi, data pribadimu disalahgunakan dan dijual kepada para pengiklan. Alhasil, perangkatmu akan mendapat serangan adware. Bahkan, data pribadimu bisa dimanfaatkan untuk kejahatan seperti pinjol ilegal

Serangan Malware dan Adware 

Setelah data pribadi dicuri tentunya pengguna internet akan dibanjiri dengan iklan atau yang disebut adware. Pop-up iklan yang kerap muncul ini tidak sekedar mengganggu, bahkan juga bisa mengarahkan kamu untuk masuk ke situs-situs berbahaya.

Selain itu, sebuah virus berbahaya seperti Malware, dapat dengan mudah menyebar di internet. Saat menggunakan VPN gratis, resiko serangan malware pun semakin tinggi karena lemahnya sistem keamanan internet kamu.

Kebocoran Alamat IP 
Kebocoran alamat IP menandakan bahwa layanan VPN kamu telah gagal membuat koneksi sehingga ISP dapat melihat alamat IP komputer dan web yang kamu kunjungi. Dengan begitu, jika seseorang melacak IP kamu, maka mereka akan tahu lokasi atau alamat rumahmu secara real-time. 

Berdasarkan studi dari CSIRO, hampir sekitar 84% VPN gratis akan membuka IPv6 pengguna dengan gamblang. Parahnya lagi, 60% di antaranya berani membocorkan permintaan DNS. Padahal, ini akan berdampak pada riwayat penjelajahan dan lokasi browser yang terbuka. Akhirnya, serangan adware dan malware akan sulit dibendung.


Serangan ‘Man In the Middle’

Yang terakhir adalah serangan ‘Man In The Middle’, merupakan serangan cyber ke sistem komputer ketika komunikasi antara dua belah pihak atau sistem dicegat oleh pihak ketiga secara diam-diam. Metode dari serangan peretas adalah peretas ada di tengah jalur komunikasi. Tujuannya untuk membaca, membajak, mencuri data, bahkan bisa memasukan malware yang berbahaya bagi perangkat.

Itulah 4 bahaya penggunaan VPN yang wajib kamu ketahui. Untuk menghindari bahaya tersebut, jangan lupa untuk memasang pembaruan keamanan terbaru. Jika tidak, Hal ini akan sangat merugikan karena data pribadi kamu mudah untuk diretas nantinya. Selalu berhati-hati dalam berinternet ya, Andal People! (PA)

Jacob