Broadband vs Dedicated: Ketahui dan Pilih yang Tepat!

By - Jacob
09-05-2022 06:30 AM
Sumber: Unsplash.com

Dalam memilih sebuah jaringan internet, pelanggan perlu mengetahui spesifikasi sesuai dengan kebutuhannya, seperti bandwidth dan kuota user. Saat ini, penyedia layanan juga sudah semakin beragam, seiring dengan permintaan akan konektivitas internet dari masyarakat. Dalam sebuah bisnis, performa internet akan berpengaruh terhadap kualitas kinerja perusahaan. 


Memilih jaringan yang sesuai dengan kebutuhan adalah hal penting untuk menunjang kemajuan bisnis. Terdapat dua pilihan jaringan internet yang cocok untuk skala bisnis, yaitu broadband internet dan dedicated internet. 


Sumber: Unsplash.com

Broadband Internet

Broadband internet adalah jaringan internet yang biasa dipasang di rumah dan apartemen. Kualitas broadband internet ditentukan oleh berapa banyak jumlah pengguna di lokasi berbeda yang terhubung pada jaringan dalam waktu yang sama.


Dedicated Internet

Dedicated internet adalah jaringan internet yang didedikasikan untuk pengguna di satu lokasi yang sama. Biasanya dedicated internet digunakan untuk skala bisnis. Jaringan ini menawarkan pengalaman eksklusif bagi pengguna yang terhubung.


Dari penjelasan kedua jenis jaringan tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan.

Sumber: Unsplash.com

Broadband VS Dedicated

Pada jaringan broadband, rasio bandwidth tidak sebanding dengan apa yang tersedia di paket. Umumnya, penyedia jasa internet menawarkan produk dengan penyebutan “Up To” untuk mengartikan bahwa jumlah bandwidth yang ditawarkan hanya sampai kecepatan maksimum pada paket yang tersedia. Jika ada banyak perangkat yang terhubung dan melakukan aktivitas internet yang berat, tentunya akan mempengaruhi kecepatan internet pengguna lainnya. 


Sementara itu, dedicated internet menawarkan rasio bandwidth 1:1 atau sesuai dengan paket yang dipilih. Kecepatan upload dan download memiliki jumlah yang sama sehingga aktivitas  mengunggah dan mengunduh berjalan dengan lancar. Bahkan, jika ada banyak pengguna yang terhubung di jaringan ini, kecepatan pengguna lain tidak akan terganggu karena koneksi internetnya didedikasikan untuk masing-masing pengguna.


Perbandingan Biaya

Jaringan broadband internet menawarkan harga yang lebih terjangkau dibanding dedicated internet karena lebih banyak digunakan untuk pengguna dan aktivitas yang tidak terlalu berat. Sedangkan dedicated internet dikhususkan untuk aktivitas bisnis yang lebih fokus pada kecepatan internet yang stabil dari segi kecepatan. 


Para pemilik bisnis dapat menyesuaikan pilihan jaringan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkan kecepatan internet yang tinggi, tanpa khawatir lambat dan tidak stabil, maka akan cocok jika memilih berlangganan dedicated internet. Namun, untuk Anda yang memiliki bisnis kecil atau hanya untuk keperluan rumah, broadband internet tentu menjadi pilihan yang pas untuk Anda.

Jacob