Cambium Networks: Wireless Akan Menggantikan Jaringan Kabel

By - Jacob
08-06-2022 11:30 AM

Sumber: Unsplash.com

Ketika alternatif dari kabel dan wireless memiliki kinerja dan keandalan yang sama, wireless umumnya memiliki lebih banyak kelebihan dari segi kemudahan dan biaya. Inilah yang sedang terjadi di masa kemajuan teknologi saat ini. Teknologi wireless berkembang lebih cepat tanpa disadari oleh kebanyakan orang. Yang terlintas dari pikiran banyak orang saat mendengar wireless adalah teknologi ini merupakan pelengkap dari jaringan kabel yang sudah ada, seperti mobile dan Wi-Fi. 


Seiring dengan kemajuan standar dan chipset wireless, inovasi radio dan perangkat lunak turut memberikan lompatan besar dalam hal kemampuan. Solusi wireless saat ini dapat menjadi alternatif yang benar untuk menggantikan jaringan kabel. Di puncak generasi baru konektivitas wireless, fenomena ini memungkinkan terciptanya aplikasi baru yang menarik. Ini soal momen yang tepat—diikuti dengan meningkatnya permintaan layanan broadband secara signifikan untuk rumah dan percepatan inisiatif untuk bertransformasi secara digital di area sektor komersial dan publik.


Wireless terbukti memberikan konektivitas broadband dengan biaya paling terjangkau dan durasi waktu tercepat untuk dipasarkan pada:


  • Jaringan area kampus yang membutuhkan konektivitas berkecepatan tinggi di mana-mana
  • Perusahaan dan penyedia layanan mencari alternatif untuk broadband fiber dengan konektivitas 5G
  • Penyedia layanan mencari cara ekonomis untuk menutup celah laporan akhir

Sumber: Unsplash.com

Sebagai tambahan pada sisi biaya, waktu menjadi faktor penting dalam keputusan arsitektur jaringan. Menunggu penyebaran serat fiber baru seringkali bukan menjadi pilihan. Cambium Networks kini memiliki material konstruksi baru untuk membantu mengatasi tantangan ini. Kategori material tersebut adalah wireless fabric berukuran multi-gigabit untuk kebutuhan jaringan internet. Wireless multi-gigabit sekarang dapat menjangkau jarak yang lebih jauh lagi.Munculnya standar komunikasi wireless baru telah menciptakan berbagai inovasi. 

Yang paling signifikan adalah standar 3GPP untuk infrastruktur seluler dan unlicensed standards untuk Wi-Fi, termasuk pita 2,4, 5 GHz, dan 6 GHz. Cambium Networks memanfaatkan standar ini untuk membangun solusi baru untuk pelanggan, termasuk layanan broadband dengan kebutuhan tinggi atau rendahnya dan jaringan Wi-Fi dalam atau luar ruangan dengan berkecepatan tinggi. Wireless fabric multi-gigabit dari Cambium Networks membuat material konstruksi ini semakin mudah untuk disebarkan dan sangat terjangkau untuk dioperasikan.

Industri ini sedang dalam perjalanan menuju konektivitas jaringan wireless. Tidak bisa dipungkiri soal kenyamanan dan harga. Strategi Cambium Networks untuk melaksanakan perjalanan panjang ini bergantung pada prinsip-prinsip: kecepatan multi-gigabit, perencanaan otomatis, kemudahan penerapan dan pengoperasian, kecepatan layanan, dan keterjangkauan. Hal-hal tersebut merupakan diferensiasi utama dan inklusi dari proyek di seluruh dunia, seluruh pemerintahan, akan merasakan manfaat dari ini. (JA)

Sumber: Cambium Networks

Jacob