Canggih! Ini Dia Beberapa Teknologi Yang Digunakan di Industri Perfilman

By - Jacob
08-07-2022 03:30 PM

Sumber: Unsplash.com

Pada tahun 2009, dunia perfilman digemparkan dengan kehadiran film dengan animasi terbaik yakni, Avatar. Film yang mengambil genre science-fiction ini, mampu meraih predikat film dengan pendapatan terbanyak sepanjang waktu pada masa itu. Selang waktu 10 tahun, penghargaan tersebut dikalahkan oleh Marvel melalui filmnya yaitu Avengers: Endgame. Lantas, hal apa yang membuat film Avatar sukses?


Film Avatar dikenal sebagai film dengan CGI terbaik berkat usaha dari sang sutradara yaitu, James Cameron, yang mengembangkan teknologi CGI dan menerapkannya di film ke-15nya itu. Dalam proses pembuatannya, pengambilan gambar dilakukan dengan metode mocap atau motion capture yang menangkap pergerakan dan aktivitas fisik pemeran dan diproses menjadi suatu karakter CGI. Maka dari itu, karakter animasi yang ditampilkan pada film Avatar terasa seperti nyata. 


Bahkan, penikmat film ini dimanjakan dengan dunia fantasi yang diciptakan oleh James Cameron sehingga penonton dapat merasakan pengalaman baru melalui grafik yang seakan nyata dan menakjubkan. Pengalaman menonton 3D (3D Experience) juga diterapkan pada film Avatar. Walaupun pada saat itu juga banyak film yang menyuguhkan 3D experience, film ini dapat mengambil hati para penonton dengan adanya teknologi tersebut. 


Beberapa waktu lalu, seluruh penggemar film dikejutkan dengan kehadiran sekuel dari Avatar 2 yang akan hadir pada akhir tahun 2022. Seiring dengan perkembangan teknologi CGI, segala imajinasi dan keinginan dari sutradara dapat diciptakan dengan mudahnya. Simak sejumlah film yang pernah menggunakan teknologi tersebut.


Sumber: Capital Pictures

Titanic

Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet sebagai pemeran utama cukup membuat gempar industri perfilman pada tahun 1998. Penggambaran sebuah kejadian lampau saat kapal besar Titanic mengalami tabrakan pada gunung es ditampilkan seperti benar-benar terjadi. Hal ini berkat kombinasi set yang dipersiapkan sedemikian rupa dan teknologi CGI yang digarap secara maksimal oleh James Cameron. 

Sumber: Netflix

The Irishman

Film yang disutradarai oleh Martin Scorsese satu ini menceritakan peliknya kehidupan seorang mafia yang diperankan oleh Robert De Niro serta memperlihatkan lingkungan mafia yang sangat mencekam. Walaupun penggunaan CGI tidak sebanyak film Marvel, tetapi penerapan teknologi de-aging atau manipulasi umur pada pemeran-pemeran legenda patut diapresiasi. 


Dengan teknologi tersebut, Sheeran, karakter yang diperankan oleh Robert, dapat terlihat seperti umur 30 tahun–menampik fakta bahwa Robert yang saat itu sudah berumur 70 tahun. 

Robot Kamera "Bolt X". 

Sumber: pce-atlanta.com

Black Adam

Film DC Extended Universe semakin bertambah banyak dengan berbagai kemunculan superhero baru. Salah satu film yang menggemparkan genre film superhero saat ini adalah “Black Adam” yang akan tayang pada Oktober 2022. Film yang dibintangi oleh Dwayne ‘The Rock’ Johnson kabarnya menggunakan teknologi robot kamera canggih. 

Robot Kamera "Bolt" Saat "The Rock Saat Sedang Syuting. 

Sumber: Instagram.com/therock

Robot kamera tersebut bernama Bolt dan diklaim menjadi robot kamera tercepat di dunia dengan kemampuan 960 frame per detik. Umumnya, kamera dapat merekam pada 24 frame per detik. Dengan adanya perangkat keras robot dan perangkat lunak yang mengatur pergerakan yang diinginkan, hal ini semakin memudahkan sutradara untuk mengambil gambar yang mustahil untuk dilakukan oleh manusia. 


Itulah beberapa film yang sudah menerapkan teknologi canggih. Penggunaan teknologi seperti CGI dan robot kamera untuk produksi film menjadi tantangan yang dihadapi oleh produser karena harus membuat penonton menjadi tertarik dengan visual yang disajikan. (JA)

Jacob