Cashless Society: Tren Kalangan Masyarakat Anti Ribet!

By - Jacob
25-03-2022 06:10 AM

Sumber: Unsplash.com

Kemajuan teknologi saat ini kian canggih seiring dengan adanya perubahan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat umum. Salah satu kebiasaan yang berubah adalah cara bertransaksi secara digital–menggantikan penggunaan uang fisik. Digitalisasi di bidang ekonomi ini semakin banyak diterapkan oleh masyarakat karena diyakini dapat mempermudah segala aktivitas transaksi.

Nah, untuk kamu yang sudah mulai atau sering melakukan transaksi secara cashless, selamat, ya! Kamu sudah menjadi bagian dari cashless society

Cashless society adalah fenomena pada masyarakat yang memanfaatkan digitalisasi sebagai cara untuk bertransaksi, sehingga penggunaan uang tunai atau fisik dilakukan seminimal mungkin, bahkan tidak sama sekali. Dengan kondisi saat ini, cashless menjadi cara untuk mengurangi penyebaran virus yang dapat terjadi jika melakukan pembayaran secara tunai.
Sumber: Unsplash.com

Menurut data dari Bank Indonesia (BI), nilai transaksi uang elektronik per Januari 2022 bertumbuh 66,65% year-on-year mencapai Rp34,6 triliun. Pertumbuhan nilai transaksi yang signifikan dibanding tahun sebelumnya menjelaskan bahwa fenomena cashless ini akan terus berkembang secara pesat. 

Bahkan, transaksi cashless sudah bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti QR Code, kartu, aplikasi mobile, voucher, dan masih banyak lagi. Pembayaran tanpa tunai semakin memudahkan kita untuk melakukan transaksi. Beberapa penyedia layanan pembayaran digital sering mengadakan promo dan diskon menarik supaya lebih banyak orang beralih melakukan transaksi secara digital. 

Fenomena baru ini juga menawarkan keleluasaan, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan dompet, namun hanya butuh menggunakan smartphone-mu. Bagi Andal People yang rajin mencatat jumlah pengeluaran, tidak perlu ribet lagi karena segala transaksi melalui daring tercatat secara otomatis di aplikasinya digitalnya. Selain praktis dan mudah, cashless society tidak perlu lagi membawa uang fisik, sehingga merassas lebih aman tanpa khawatir. 

Cashless menjadi pilihan baru untuk bertransaksi karena menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya. Tentunya, pengguna metode cashless juga harus memperhatikan sistem keamanannya supaya terhindar dari kejahatan siber. 

Jacob