Cryptocurrency: Cara Baru Berinvestasi, Benarkah?

By - Jacob
30-05-2022 12:57 AM


Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Cryptocurrency dan Non-Fungible Token (NFT) sedang menjadi tren masa kini, khususnya di kalangan muda. NFT merupakan sebuah token yang tidak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Berbeda dari uang kertas yang dapat dipegang dan disentuh secara fisik, melainkan NFT ini berbentuk digital.


Sementara itu, cryptocurrencyadalah mata uang digital yang menggunakan kriptografi untuk keamanan bertransaksi di dunia virtual. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan cryptocurrency, karena memiliki sistem keamanan yang lebih kuat dibandingkan uang kertas. Dengan kata lain, laporan transaksi, informasi data, hingga identitas pengguna hampir tidak dapat dipalsukan. Hadirnya transformasi digital ini selaras dengan kebutuhan manusia yang selalu menginginkan kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam bertransaksi. 


Di era modern saat ini, orang-orang mulai menggunakan crypto digunakan sebagai alat investasi, yang artinya investor bisa mendapatkan keuntungan dari aksi jual-beli. Semakin banyak peminat maka harganya akan semakin tinggi. Salah satu aset crypto yang memiliki harga tertinggi adalah Bitcoin dengan kapitalisasi mencapai US$ 66.613 (sekitar Rp940 juta) per April 2021. Hingga kini, Bitcoin masih menduduki peringkat teratas sebagai aset cryptocurrency terbesar di dunia. 


Cara investasi baru ini diklaim dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Namun, apakah ada resiko yang mengintai? Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di episode 7 podcast Hello World by Andalworks. #makelifeeasier (JO)

Jacob