Fiber Optik: Fungsi dan Perkembangannya di Indonesia

By - Jacob
22-06-2022 06:30 AM

Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Perkembangan jaringan fiber optik di Tanah Air berkembang kian pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap internet. Inovasi pada teknologi juga mempengaruhi perluasan jaringan ini karena menyesuaikan standar perangkat yang tersedia. 


Dilansir dari artikel Investor.id, data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memaparkan, jaringan fiber optik yang tersebar di seluruh Indonesia kini sepanjang 359.000 km. Hingga akhir tahun 2022, pemerintah menargetkan untuk meningkatkan jaringan fiber optik hingga 370.000 km atau setara dengan sembilan kali putaran bumi. 


Fiber optik menawarkan jaringan internet yang lancar dan bebas hambatan. Beberapa kelebihan tersebut berkat serangkaian serat kaca yang bisa mengirimkan data dalam bentuk cahaya secara cepat dengan jarak yang cukup jauh. Selain itu, fiber optik juga aman karena dibalut dengan bahan plastik yang tidak terpengaruh dari interferensi elektromagnetik, tahan air, dan tidak menghasilkan percikan api. 


Lantas, seperti apa penjelasan lengkapnya mengenai fungsi dan segala hal terkait dengan fiber optik di Indonesia? Dengarkan podcast Hello World by Andalworks Season 3 di episode 1 & 2 bersama dengan Pretty dan Jesseline. Podcast ini dapat didengarkan di seluruh platform podcast seperti Spotify, Apple Podcasts, Google Podcasts, dan Anchor. (JA)

Jacob