Fiber Optik VS Wireless: Mana yang Lebih Baik?

By - Jacob
15-04-2022 06:30 AM

Sumber: Unsplash.com

Masih banyak orang yang belum tahu perbedaan jaringan fiber optik dan wireless. Kapan waktu nya menggunakan jaringan wireless dan kapan sebaiknya menggunakan jaringan fiber optik. Walaupun memiliki peran yang sama yaitu menyediakan koneksi internet, tetapi memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Fiber optik merupakan jenis kabel yang terbuat dari bahan serat kaca halus yang berfungsi untuk menghantarkan sinyal listrik menjadi cahaya dan ditransmisikan dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan kecepatan tinggi dan jarak yang jauh.


Sementara itu, wireless adalah jenis teknologi yang berfungsi sebagai pengganti media kabel. Teknologi ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk melakukan proses pengiriman data dengan jarak tertentu dari satu lokasi ke lokasi lain.

Sumber: Unsplash.com

Perbedaan Fiber Optik dengan Jaringan Wireless

Proses instalasi
Pemasangan dan instalasi untuk FO terbilang rumit sehingga memakan waktu dan biaya yang lebih banyak. Terlebih lagi, teknisi harus memastikan jaringan di sekitar lokasi yang tersedia dan menarik kabel yang cukup panjang untuk menjangkau lokasi akhir.

Biaya dan waktu pemasangan
Pemasangan jaringan fiber optik memerlukan biaya yang lebih mahal. Persiapannya antara lain menentukan jalur antara 2 titik lokasi, pemasangan dan penarikan kabel, hingga instalasi peralatan transmisi. Selain itu, hal ini juga menyita waktu yang cukup lama. Sedangkan jaringan wireless, pemasangan perangkat lebih mudah dan cepat.

Regulasi
Jika ada pemasangan jaringan baru untuk fiber optik maupun wireless wajib menaati dan mengerti mengenai regulasi dan aturan yang ada dimasing-masing wilayah. Sementara itu, pemasangan fiber optik membutuhkan permohonan izin yang cukup banyak seperti halnya dari warga sekitar dan pemerintah setempat.


Hal ini dikarenakan proses pemasangan dilakukan dengan cara mengulur dari pusat kotak kabel fiber optik hingga lokasi pelanggan. Prosesnya dengan cara menyambungkan kabel udara melalui tiang-tiang listrik. Maka dari itu, diperlukan serangkaian aturan supaya proses pemasangan tidak mengganggu lingkungan dan aman bagi warga. 


Keputusan dalam memilih fiber optik atau wireless memerlukan pertimbangan yang cukup matang. Terlebih lagi, harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan layanan didaerah pelanggan. Dengan mengetahui keunggulan dan kekurangan masing-masing diharapkan dapat membantu dalam menentukan metode apa yang paling cocok dengan kebutuhan pelanggan.

Jacob