Kehebatan Perkembangan IoT di Segala Industri

By - Jacob
27-05-2022 06:30 AM

Sumber: Unsplash.com

Hello World by Andalworks - Internet of Things atau IoT adalah sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat di sekitar kita terhubung ke jaringan internet. Berkat kehebatan komputasi manusia, kita dapat mengontrol peralatan elektronik dari jarak jauh hanya dengan media internet. 


Perkembangan teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh co-founder Auto-ID Lab MIT, Kevin Ashton, pada tahun 1999. Pada tahun yang sama, Kevin Ashton juga menemukan peralatan berbasis RFID (Radio Frequency Identification) global yang bersistem identifikasi. 


Hingga saat ini teknologi IoT sudah dikembangkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penerapan teknologinya yang paling akrab digunakan adalah GPS (Global Positioning System) yang terdapat pada perangkat seperti smartphone dan CCTV. Setiap perangkat berteknologi IoT yang terhubung ke internet dapat diakses di mana saja dan kapan saja. 


Contohnya, saat Anda sedang berkendara di jalan raya kemudian Anda menerobos aturan ganjil genap. CCTV E-Tilang akan mendeteksi kemudian monitoring room akan merekam dan mencatat nomor plat kendaraan. GPS berfungsi untuk mengetahui di mana letak CCTV yang menangkap gambar atau bukti-bukti kendaraan yang melakukan pelanggaran. 


Saat ini, pemerintah sudah menerapkan teknologi IoT melalui proyek Smart City yang tersebar di 23 kota di seluruh Indonesia. Jakarta menjadi salah satu kota yang sudah terintegrasi dalam berbagai bidang seperti CCTV, pelacak lokasi truk sampah, dan  pelacak lokasi bus Transjakarta. 


Selengkapnya akan dibahas mengenai Internet of Things beserta contohnya di podcast Hello World by Andalworks bersama Fara dan Abi di episode 13 season 2. #solusinusa (PA)

Jacob