Keren dan Canggih! Berikut Beberapa Tempat Makanan Yang  Memanfaatkan Layanan Robot   

By - Jacob
17-06-2022 02:30 PM

Sumber: Unsplash.com

Inovasi teknologi semakin membuktikan akan kecanggihan yang memudahkan segala aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Banyak bisnis makanan dan minuman yang mulai memanfaatkan robot untuk meningkatkan produktivitas mereka. Robot-robot yang dimanfaatkan dapat menyambut pelanggan, melakukan pembuatan hingga penyajian makanan dan minuman layaknya pramusaji.


Khususnya di industri makanan dan minuman di Indonesia, beberapa tempat makan sudah menyediakan layanan dengan robot. Berikut ini beberapa tempat makanan yang sudah menggunakan layanan robot canggih:

Sumber: Kumparan.com

Robot Barista Family Mart

Minimarket asal Jepang ini berhasil memperkenalkan layanan pesan minuman kopi yang sepenuhnya dilayani oleh  robot. Robot FM dikenal sebagai robot barista yang siap membuatkan minuman sesuai permintaan pelanggan. Robot ini dapat ditemukan di gerai Family Mart yang berada di pusat perbelanjaan Grand Indonesia lantai LG, East Mall, Jakarta. 


Robot FM dapat menghidangkan 19 menu minuman dengan menu favorit dari Family Mart yaitu Kopi Susu Keluarga. Pelanggan tidak perlu menunggu lama karena Robot FM dengan cepat membuat pesanan hanya dalam waktu 1-2 menit saja.

Sumber: Kompas.com

Shuttle Cart Genki Sushi 

Konsep yang dinamakan “Kaiten Sushi” yaitu penggunaan ban berjalan dalam mengantarkan sushi, telah diadopsi restoran Jepang sejak tahun 1990. Salah satu gerai restoran Jepang di Indonesia yang menggunakan teknologi ini adalah yaitu Genki Sushi.


Sushi diantarkan menggunakan lintasan bertingkat dua bernama Kaosuku Lane yang memiliki kecepatan dua kali lipat dari ban bergulir. Umumnya, makanan di restoran lain dihidangkan oleh pramusaji, beda halnya di Genki Sushi yang menggunakan kereta untuk mengantarkan makanan yang dipesan langsung ke meja pelanggan. 


Robot kereta ini memiliki sistem komputer pintar sehingga pelanggan tak perlu khawatir apabila makanannya tertukar dengan meja lainnya. Di tiap sisi samping meja pelanggan akan tersedia tempat sebagai rel atau jalur Astro Boy untuk mengantarkan pesanan, lalu pelanggan dapat mengambilnya secara langsung.

Sumber: Youtube.com/MommyRetna

Okinawa Sushi 

Okinawa Sushi menghidangkan makanan yang otentik dan bernuansa indah seperti di Jepang. Restoran yang berada di Central Park ini menawarkan penyajian yang cukup unik yakni sushi disajikan dan disusun pada rak kayu bersusun. Terlebih lagi, makanan yang sudah siap saji akan diantarkan oleh robot canggih ciptaan PUDU Indonesia, yaitu Bellabot.


Robot unik yang didesain menyerupai kucing ini, memiliki kemampuan untuk mengantarkan pesanan dengan akurat. Setelah makanan dihidangkan, pelanggan perlu mengusap kepala robot kucing tersebut sebagai tanda bahwa penyajiannya telah selesai dan pesanan sudah sesuai.

Sumber: Instagram.com/reveuse.resto

Reveuse Resto 

Salah satu restoran instagrammable yang terletak di Bandung ini menggunakan pelayan robot. Saat pelanggan ingin memesan makanan, dua robot pintar yang berjenis Kittybot dan Bellabot akan menyambut pelanggan sekaligus bertugas untuk mengantar makanan.


Kepintaran yang dimiliki kedua robot ini menjadi daya tarik tersendiri. Bellabot bertugas untuk mengantar makanan dengan porsi besar. Sedangkan, Kittybot mengantar porsi yang lebih kecil. 


Itu dia beberapa restoran unik yang menggunakan robot sebagai pelayan. Dengan adanya pemanfaatan teknologi ini, pemilik resto akan menghemat biaya dan sumber daya manusia, dan membuat lebih sedikit kesalahan. Tidak hanya itu, robot ini juga memberikan daya tarik tersendiri dan menawarkan pengalaman baru untuk pelanggan. 


Kesimpulannya, pemanfaatan robot bukan berarti menggantikan peran manusia, melainkan berguna untuk meringankan pekerjaan manusia.

Jacob