Mengenal Kecanggihan Cloud Server Dan Kelebihannya

By - Jacob
08-08-2022 05:15 PM
Ilustrasi Cloud Server. Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Cloud server adalah sebuah ruang virtual yang memungkinkan Anda menyimpan dan mengolah data yang mana saja dan kapan saja secara mudah. Hanya bermodalkan internet, cloud server bisa menyimpan dan menjalankan data tertentu seperti data personal, data aplikasi, hingga data web hosting. 


Saat ini cloud server tidak hanya dimanfaatkan oleh pelaku startup saja, karena penggunaan cloud server sudah banyak digunakan bagi perusahaan berskala besar seperti industri kesehatan, hingga industri berskala kecil seperti bisnis lokal yang menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan seperti usaha kuliner. Dengan menggunakan cloud server, perusahaan akan meminimalisir kehilangan data penting karena tidak bergantung pada hardisk. Sehingga, jika komputer rusak atau hilang, Anda tidak perlu khawatir terkait data. 


Saat ini 81% perusahaan sudah menyimpan minimal satu aplikasinya di cloud server. Tentu pemanfaatan cloud perusahaan di era sekarang menjadi salah satu langkah yang tepat. Dilihat dari jumlah pengguna yang sudah terkoneksi jaringan internet, tentunyacloud servermemberikan segudang kemudahan yang leluasa bagi penggunanya. Salah satunya adalah hemat biaya. 


Selain hemat biaya, penggunaan cloud server juga tidak perlu memikirkan batas limit penyimpanan data, karena Anda bisa melakukan upgrade penyimpanan sesuai kebutuhan. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi para pelaku usaha yang bisnisnya sedang berkembang. 


Hadirnya cloud server, juga memberikan kemudahan bagi para pelaku startup untuk berinovasi baru. Dengancloud server, akses data jauh lebih cepat. Bahkan, Anda tidak perlu khawatir terkait tingkat keamanan karena cloud serversangat minim terjadinya human error


Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan dari cloud server? Selengkapnya akan dibahas secara mendalam mengenai cloud server yang akan dibawakan oleh Zahron dan Jesseline di episode 7 season 3 hanya di podcast Hello World by Andalworks. (PA)

Jacob