NFT (Non-Fungible Token): Definisi, Sejarah, dan Jenisnya

By - Jacob
16-09-2022 05:30 PM

Ilustrasi NFT. Sumber: Unsplash.com

Tren investasi saat ini kian bervariasi dan sudah semakin banyak perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Publik semakin dimudahkan dengan berbagai jenis investasi yang tersedia, di antaranya adalah reksadana, emas, properti, obligasi, dan P2P lending. Tidak ketinggalan, bersamaan dengan perkembangan teknologi saat ini, kripto semakin populer dikalangan masyarakat yang melek teknologi. Salah satu investasi pada kripto yang sedang marak dibicarakan adalah NFT. 


NFT atau kepanjangan dari Non-Fungible Token merupakan aset digital dengan nilai yang tidak bisa diganti atau ditukarkan. NFT menjadi populer saat game NFT pertama diluncurkan pada tahun 2017 dengan nama CryptoKitties, game berbasis blockchain Ethereum. Permainan ini memungkinkan pemain untuk memelihara, menjual, bahkan membeli kucing virtual bernama CryptoKitties. Kemudian, tren NFT semakin dikenal dan berkembang pesat. Salah satu penyebabnya adalah peluncuran NBA Top Shot yang diciptakan oleh Dapper Labs, pencipta dari CryptoKitties.


Ilustrasi Koin NFT, Tezos. Sumber: Unsplash.com

Bentuk NFT yang diperjualbelikan juga memiliki berbagai bentuk yang mencakup banyak industri, seperti seni, bisnis, infrastruktur, hingga game. Hal ini semakin memudahkan pengguna untuk berinvestasi dengan aset digital yang diinginkan. 


Terdapat empat koin NFT yang terdaftar dan tersedia untuk pengguna kripto beli, yakni Axie Infinity (AXS), Tezos (XTZ), The Sandbox (SAND), My Neighbor Alice (ALICE). Seluruh koin kecuali Tezos, merupakan sebuah game yang interaksi dengan ciri khas masing-masing dan memiliki tipe permainan yang berbeda-beda. Sementara itu, Tezos merupakan salah satu kripto dengan sistem blockchain yang menggunakan sistem proof-of-stake (PoS). 


Kini, NFT menjadi cara baru untuk berinvestasi dengan mengoleksi aset digital. Bahkan dengan adanya NFT, banyak pencipta karya seni seperti seniman dan musisi, dapat berkreasi dan mendapatkan keuntungan secara langsung tanpa biaya potongan dari pihak ketiga. Dengan membeli atau berinvestasi pada NFT menjadi bagian dari dukungan untuk bagi para penggiat seni.


Jacob