Pembelajaran Digital Dengan Spektrum 6 GHz Berkecepatan Tinggi, Simak Keunggulannya!

By - Jacob
24-06-2022 04:30 PM

Sumber: Unsplash.com

Masa tumbuh kembang anak adalah hal terpenting bagi orang tua, khususnya bidang pendidikan. Orang tua akan merasa senang jika anak mendapatkan pendidikan terbaik dari sekolah. Dengan harapan buah hati akan mendapatkan bimbingan interaktif dari guru dan pengalaman yang menyenangkan. Spektrum radio terbaru yakni Wi-Fi 6 GHz dapat memberikan berbagai kelebihan untuk menunjang aktivitas pendidikan yang lebih menarik.

Wi-Fi 6E merupakan pendukung untuk gelombang pita 6 GHz. Wi-FI 6E memperluas jangkauan Wi-Fi yang sudah tersedia sebanyak dua hingga tiga kali lipat. Maka dari itu, akan ada lebih banyak ruang yang tersedia untuk Wi-Fi dalam mendukung jaringan koneksi yang dapat diandalkan dan bebas hambatan. Selain itu, peningkatan lain terdapat pada client support dan pengelolaan latensi. Inovasi ini menawarkan konektivitas terbaik untuk para siswa yang membutuhkan kecepatan internet di ruang kelas, auditorium, perpustakaan, dan akan kebutuhan penting lainnya.

Sumber: Unsplash.com

Sebagian besar kebutuhan pendidikan dapat terpenuhi  dengan adanya Wi-Fi 6E. Perangkat ini memiliki kapasitas dan kapabilitas yang memadai untuk mendukung segala keperluan sekolah. Sebagian dari aktivitas di lembaga pendidikan didukung dengan baik berkat Wi-Fi 5 dan Wi-Fi 6 yang tersedia saat ini. Namun, tren teknologi dan persyaratan penggunaan selalu berubah dalam dunia pendidikan karena aplikasi sudah dimasukan ke dalam kurikulum. Berikut beberapa contohnya

Ujian dan penilaian online

Ujian dan penilaian online merupakan aspek penting bagi sekolah. Jaringan Wi-Fi harus berfungsi dengan baik sehingga tidak terjadi kendala pada saat melaksanakan ujian yang dapat menyebabkan siswa gagal. 


Aplikasi video telekonferensi
Aplikasi seperti Zoom, Meet, dan Teams yang mendukung pembelajaran jarak jauh dan hybrid. Meskipun aplikasi ini terkadang menyebabkan masalah kapasitas pada beberapa jaringan sekolah, masalah yang lebih besar adalah memastikan jaringan yang aman karena aplikasi tersebut sensitif terhadap parameter kualitas jaringan seperti latensi, jitter, dan kehilangan paket.


Aplikasi dengan bandwidth tinggi 

Aplikasi Augmented Reality/Virtual Reality (AR/VR) akan mengalami peningkatan penggunaan dari waktu ke waktu. Penyedia aplikasi akan meningkatkan persyaratan yang lebih ketat pada jaringan nirkabel. Sementara itu, kemajuan teknologi Wi-Fi selama beberapa tahun terakhir memungkinkan memenuhi persyaratan tersebut. 


Sumber: Unsplash.com

Wi-Fi 6E menetapkan standar untuk meningkatkan kualitas jaringan nirkabel dan mempersiapkan jenis aplikasi penting ini untuk sekarang dan di masa depan. Meskipun masih banyak tantangan dan persyaratan baru yang mungkin tidak secara langsung berdampak pada sekolah saat ini, hal itu pasti akan berdampak pada beberapa poin penting. Apakah Wi-Fi 6E patut dipertimbangkan untuk dimiliki saat ini atau dalam waktu dekat? Berikut beberapa alasan untuk memilih Wi-Fi 6E:

Umur jaringan

Umur rata-rata jaringan Wi-Fi adalah sekitar lima tahun. Tidak ada keraguan bahwa Wi-Fi 6E akan menjadi lebih dikenal secara signifikan dalam penggunaan selama jangka waktu tersebut.


Ketersediaan klien

Meskipun tidak banyak klien Wi-Fi 6E yang digunakan saat ini, numan sudah banyak tersedia sejak awal 2021. Jumlah total penyebaran secara global mencapai ratusan juta unit klien. Kemungkinan besar klien yang memiliki kemampuan Wi-Fi 6E sudah tersedia pada jaringan Anda saat ini. Pada tahun 2022, sejumlah ponsel dan beberapa laptop sudah mendukung Wi-Fi 6E dan akan ada masih lebih banyak lagi perangkat baru yang hadir seiring berjalannya waktu. 


Ekonomi

Teknologi baru yang kini tersedia biasanya ditawarkan dengan harga yang cukup mahal. Harga menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam pendidikan. Investasi pada Wi-Fi 6E harus dilihat berdasarkan manfaat yang diberikan-berhubungan dalam memberikan solusi pada pasar.


Dengan beberapa alasan ini, bagaimana Cambium Networks memberikan solusi dengan Wi-Fi 6E sehingga dapat diterapkan pada kebutuhan dunia pendidikan—hari ini dan masa depan?


Keunggulan Wi-Fi 6 untuk saat ini
Terlepas dari kenyataan bahwa Anda mungkin tidak memiliki banyak atau bahkan klien Wi-Fi 6E apa pun di jaringan Wi-Fi Anda saat ini. Wi-Fi 6E Cambium mewakili titik akses Wi-Fi yang lebih baik untuk mendukung jaringan yang ada dan klien. 

Dengan lebih banyak radio dibandingkan dengan standar AP tiga atau lima radio pada model AP XE3-4 dan XE5-8 Cambium dengan dua radio pada Wi-Fi 6 AP biasa–Anda memiliki kapasitas dan fleksibilitas yang lebih besar yang mendukung Wi-Fi 5 dan Wi-Fi 6 klien pada jaringan Anda. AP baru juga memanfaatkan prosesor dan chipset radio terbaru dan tercanggih. Pengguna akan merasakan manfaat kinerja dan fitur yang lebih baik dengan solusi baru bahkan tanpa mengaktifkan pita 6 GHz. 

Proses migrasi mudah

AP seri XE mendukung radio yang ditentukan dari perangkat lunak, artinya radio tertentu pada titik akses dapat dikonfigurasi untuk berjalan baik dalam mode Wi-Fi 6 5 GHz atau Wi-Fi 6E 6 GHz. Pengguna dapat mengkonfigurasi AP ini sebagai perangkat Wi-Fi 6 yang tersedia saat ini dan memprogram ulang radio untuk beroperasi dalam 6 GHz ketika perangkat tersebut mulai muncul di jaringan dalam jumlah yang lebih besar. 


CnMaestro™ dan XMS-Cloud Cambium akan secara otomatis memantau jaringan Wi-Fi dan merekomendasikan kapan pengguna harus mengaktifkan 6 GHz. Fleksibilitas adalah kunci utama khususnya pada teknologi yang baru diperkenalkan. Selain itu, kompatibilitas dengan persyaratan yang ada sembari membuat roadmap untuk kesiapan di masa yang akan datang. Manfaat lainnya antara lain termasuk perlindungan investasi dan peremajaan sistem.


Densitas tinggi yang dioptimalkan

Cambium XE5-8 AP merupakan produk yang sangat unik dengan lima radio Wi-Fi yang mampu mendukung ratusan perangkat dengan satu AP (maksimum 2.500). Berbagai tempat yang memiliki kemungkinan dengan penggunaan Wi-Fi yang banyak seperti auditorium, arena olahraga, perpustakaan, dan kafetaria, XE5-8 sangat ideal. 


Satu AP XE5-8 dapat menggantikan tiga hingga empat perangkat AP konvensional dengan 2 radio. Hal ini dapat mengurangi biaya peralatan, biaya instalasi, konsumsi data, dan biaya pemeliharaan, secara kolektif mengurangi total biaya kepemilikan dengan jumlah yang signifikan. 


Bukti masa depan tanpa biaya premium

Kriteria utama bagi banyak sekolah yang mempertimbangkan investasi infrastruktur Wi-Fi baru adalah biaya. Solusi Wi-Fi 6E Cambium secara efektif menghadirkan teknologi baru ini ke dunia pendidikan tanpa biaya premium dibandingkan dengan generasi Wi-Fi sebelumnya. 


Dengan manfaat lebih banyak radio per AP dan radio yang ditentukan perangkat lunak, AP seri XE baru dapat menggantikan beberapa AP konvensional tergantung pada penerapannya. Hal ini dapat memberikan penghematan biaya yang signifikan dan benar-benar menurunkan total biaya sistem dibandingkan dengan solusi generasi sebelumnya.


Kehadiran Wi-Fi 6E merupakan momen penting untuk perkembangan teknologi Wi-Fi. Kemajuan teknologi yang diberikannya bersama dengan keuntungan ekonomi yang sebenarnya membuat kombinasi yang menarik bagi lembaga pendidikan untuk dipertimbangkan ketika berinvestasi pada jaringan internet untuk kepentingan masa depan.

Jacob