Penerapan Digital Marketing di Indonesia 

By - Jacob
05-08-2022 04:30 PM

Sumber: Freepik.com

Podcast Hello World by Andalworks - Pemasaran digital kini semakin diterapkan pada perusahaan maupun pelaku bisnis yang baru memulai promosi produk yang ditawarkan. Mengingat bahwa dunia maya mempunyai pengaruh besar di masyarakat sehingga  menjadikan pemasaran digital sebagai pilihan yang tepat bagi perusahaan. 


Dari banyaknya strategidigital marketing yang diterapkan, hal ini dapat dibuktikan perusahaan saling bersaing dalam menciptakan konten-konten yang menarik. Sebisa mungkin konten yang dibuat bersifat informatif, unik, dan sesuai basis perusahaan. Sebagian besar digital marketing memiliki sasaran untuk mencapai berbagai tujuan, seperti meningkatkan pangsa pasar, pendapatan penjualan, serta mencapai kesadaran merek atau brand.

Dalam proses menjalani digital marketing, perlu adanya strategi yang tepat supaya sesuai dengan target yang diinginkan. Salah satunya pendekatan melalui micro influencer, yaitu pemilik akun media sosial yang memiliki rata-rata 1.000 hingga 10.000 pengikut. Alasan utama mengapa micro influencer yang dijadikan pendekatan karena jasa mereka punya keterkaitan yang sama dari sebuah brand sehingga produk kita bisa fokus ke kelompok yang lebih spesifik.


Kekuatan micro influencer yang mampu menciptakan engagement, yakni kedekatan antara merek dan konsumennya. Hasil dari engagement inilah konsumen akan merasa memiliki hubungan dengan produk atau merek yang mereka konsumsi. Melihat kekuatan tersebut, para pelaku usaha di Indonesia dapat menggunakan micro influencer sebagai pihak yang mengkomunikasikan produk dan merek mereka kepada konsumen.


Jika Andal Listeners masih ingin tahu lebih lanjut kekuatan penerapan digital marketing di Indonesia, contoh konten-konten pemasaran yang lebih menarik, selengkapnya dapat mendengarkannya melalui podcast Hello World by Andalworks pada season 3 episode 6 yang dibawakan oleh Pretty dan Novel. (JO)

Jacob