Pengaruh Media Sosial Terhadap Generasi Milenial 

By - Jacob
13-04-2022 06:50 PM

Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Generasi zaman sekarang atau Gen Z tentunya sudah familiar dengan berbagai media sosial yang ada saat ini. Semakin berkembangnya zaman, media sosial semakin bertambah banyak penggunanya, terutama kaum muda. Berbagai aplikasi dapat diakses secara gratis salah satunya, TikTok yang sangat populer saat ini. 


Banyaknya dampak positif yang membawa manfaat kepada para pengguna seperti sumber informasi dari berbagai negara, sebagai tempat berinteraksi dan terciptanya komunikasi, media hiburan dan lainnya. Hal ini membuktikan media sosial berperan penting dalam kehidupan manusia. 

 

Di sisi lain, ada pula dampak negatif dari penyalahgunaan media sosial berupa kejahatan yang disebut sebagai cyber crime, salah satunya adalah penyebaran foto tanpa izin. Belum banyak masyarakat Indonesia yang mengerti akan hal ini sehingga dianggap sebagai masalah yang sepele. 


Setiap warga negara dilindungi oleh kode etik perlindungan data pribadi supaya terhindar dari aksi penyebar foto tanpa izin. Pelaku bisa mendapatkan tuntutan hukum jika foto yang disebar tidak mendapat izin dari pemilik atau orang yang difoto. Hal ini merupakan salah satu penyalahgunaan media sosial yang bersifat negatif. 


Tren media sosial apa saja yang ada di 2021 ini? Hal apa saja yang mempengaruhi generasi milenial dari media sosial? Simak jawabannya pada episode ke lima season 2 yang akan dibahas oleh Abi dan Fara, selaku pembawa podcast Hello World by Andalworks. (JO)

Jacob