Popularitas Game Mobile di Indonesia 

By - Jacob
23-05-2022 06:50 AM

Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Game mobile saat ini sedang marak di mainkan oleh semua orang dari berbagai kalangan usia. Game mobile bukan sekedar permainan di waktu luang melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan hobi masyarakat Indonesia, khususnya anak muda. 


Subway Surfers berada di posisi teratas sebagai aplikasi game yang paling banyak diunduh secara global. Menurut riset AppTopia, jumlah unduhan aplikasi game tersebut mencapai 191 juta pada 2021. Kemudian disusul oleh ROBLOX dengan 182 juta unduhan. 


Selama pandemi, jumlah pemain game online meningkat signifikan sebanyak 75 persen. Peningkatan terjadi karena masyarakat banyak meluangkan waktu di rumah dan memilih bermain game untuk mencari hiburan. 


Pada tahun 2021, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pemain games terbanyak di pasar Asia Tenggara. berdasarkan laporan dari Indonesia Esports Industry Outlook 2021, tercatat lebih dari 118 juta pemain games. Didominasi oleh game mobile. 


Saat ini, industri gaming di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk berkembang dan ikut bersaing dalam pasar internasional. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia turut aktif mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk dapat mengoptimalkan potensi industri gaming di Indonesia. 


Pemerintah tengah mengupayakan berbagai inisiatif strategis seperti  mendukung perkembangan para developer game lokal. Bagaimana caranya gamers lokal bisa menunjang kemajuan industri gaming di Indonesia? 


Simak selengkapnya dalam episode 12 podcast hello world by Andalworks yang akan dibawakan oleh Abi dan Fara. #makelifeeasier #internet #wifi #pakaigroovyaja (PA)

Jacob