Prediksi Cambium Networks 2022: Ekspansi Wireless Multi-Gigabit dan Jaringan Hybrid

By - Jacob
08-06-2022 11:30 AM


Sumber: Unsplash.com

Tahun 2021 menjadi masa yang sulit bagi setiap orang dengan efek yang berkepanjangan karena pandemi COVID. Cambium Networks memprediksi bahwa pekerjaan jarak jauh tidak akan hilang, dan orang-orang akan bermigrasi keluar dari pusat kota yang padat. Selain itu, pertumbuhan jaringan broadband juga meningkat. Di sisi teknologi, jaringan wireless akan terus berkembang di pusat kota. 

2022 akan melihat permintaan yang berkelanjutan untuk broadband nirkabel berkinerja tinggi yang mendorong penyebaran jaringan nirkabel/kabel hibrida untuk penyedia layanan dan jaringan pribadi perusahaan. Adopsi teknologi Wi-Fi 6 dan pembukaan pita frekuensi 6 GHz akan mendorong adopsi yang cepat. Secara khusus:

  1. Jaringan hybrid (kombinasi fixed wireless dan jaringan kabel) akan menjadi arsitektur jaringan utama, terlepas dari model pendanaannya – tidak hanya di daerah pedesaan tetapi juga di pinggiran kota dan perkotaan. Kemungkinan Ini hanya menunggu permasalahan ekonomi dan waktu untuk penyebaran.
  2. Pengadopsian Wi-Fi 6 akan bertumbuh secara signifikan. Hal ini diikuti pengurangan chipset Wi-Fi 5, dan didorong oleh adopsi iPhone 12/13. Selain itu, sebagian besar titik akses berbasis Wi-Fi 5 akan dihentikan selama tahun 2022. Perangkat rumah yang cerdas dan terhubung akan terus bertumbuh seiring dengan pemenuhan permintaan bandwidth.
  3. Konektivitas pemerintah nasional, negara bagian dan lokal akan berkembang. Aplikasi smart city akan tetap menjadi yang terdepan dan utama untuk setiap pemerintah kota. Aplikasi kesehatan akan terus mendorong kebutuhan akan peningkatan bandwidth. Dengan demikian, tantangan tersebut akan mendorong banyak jaringan menjadi wireless.
  4. Pengadopsian 6 GHz akan berlangsung cepat bersamaan dengan uji coba Proof of Concept (PoC) yang sedang berlangsung.
  5. Adopsi frekuensi milimeter wave akan berkembang pesat karena operator jaringan memiliki lebih banyak opsi di pita frekuensi 60 GHz dan fixed 5G pada frekuensi 28 GHz. Untuk penyedia layanan dan perusahaan, jaringan hybrid 5G, fiber, fixed 5G, dan teknologi wireless akan menyediakan peningkatan kapasitas pada end-user  dan keandalan sekaligus mengantarkan bisnis yang solid.

Sumber: Unsplash.com

Pada tahun 2022, Cambium Networks terus mengalami beberapa perubahan paling besar dibanding tahun lalu, termasuk alokasi spektrum baru dan tantangan pada rantai pasokan. Permintaan akan konektivitas berkecepatan tinggi di rumah juga akan terus meningkat untuk memenuhi kebutuhan kerja jarak jauh, pembelajaran jarak jauh, hiburan yang lebih baik, dan memenuhi impian smart home. 

Tetapi satu hal yang pasti, inovasi teknologi wireless akan terus meningkat pada tahun 2022 untuk menghadirkan internet berkecepatan tinggi yang lebih terjangkau ke lebih banyak lokasi untuk meningkatkan kualitas masyarakat. (JA)


Sumber: Cambium Networks

Jacob