Manfaat dan Resiko dari Pinjol

By - Jacob
30-03-2022 06:40 AM

Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Fintech lending atau yang lebih dikenal dengan pinjol (pinjaman online) menjadi salah satu hasil inovasi perkembangan teknologi di industri keuangan yang berfokus pada layanan pinjam meminjam uang. Fenomena yang berkembang sejak tahun 2016 ini kian marak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keuangan. 


Mengutip artikel dari Bisnis.com, per Agustus 2021, jumlah pengguna pinjaman online yang meminjam uang sudah mencapai 479 juta, meningkat signifikan sejak Desember 2018 dengan jumlah 14 juta peminjam. Pinjaman online semakin mudah untuk dilakukan oleh peminjam dengan proses yang cepat dan aman. 


Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum teredukasi dengan adanya pinjaman online ilegal dan tidak terdaftar di OJK. Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan telah menutup 3.516 aplikasi/website pinjaman online ilegal yang sudah melanggar hukum. Maka dari itu, pemerintah terus menghimbau masyarakat untuk selalu waspada. 


Podcast Hello World by Andalworks membahas secara mendalam mengenai pinjaman online. Abi dan Fara membagikan manfaat, resiko, dan tips untuk Andal Listeners supaya melakukan pinjaman dengan aman. 


Apakah bermanfaat? Apa saja resikonya? Simak pembahasan lengkapnya di episode ini. #makelifeeasier

Jacob