Teknologi Wireless Tawarkan Banyak Kemudahan Untuk Pengguna

By - Jacob
01-07-2022 11:30 AM


Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Di era digital saat ini, banyak orang yang menyukai kemudahan, khususnya dalam hal penggunaan perangkat elektronik. Perangkat yang masih menggunakan kabel membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan dalam tas sehingga membuat tas semakin berat dan penuh. Maka dari itu, solusi bagi Anda yang suka membawa tas yang ringan dan anti-ribet, tentu memilih untuk menggunakan perangkat nirkabel atau wireless. 


Perangkat nirkabel menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya, salah satunya adalah power bank dengan teknologi Qi Wireless atau pengisian daya nirkabel. Kini pengisian daya dapat dengan mudah hanya dengan menempelkan power bank pada bagian bawah smartphone, maka secara otomatis akan terisi. 


Selain itu, perangkat untuk mendengarkan musik seperti speaker sudah tersedia dengan teknologi bluetooth dan NFC. Pengguna dapat menempelkan smartphone yang sudah memiliki NFC pada speaker. Dengan seketika terhubung dengan speaker dan Anda dapat menikmati musik di mana pun dan kapan pun.


Di samping itu, teknologi nirkabel terhubung pada penggunaan jaringan internet saat ini. Jaringan seluler 5G merupakan implementasi teknologi nirkabel terkini yang menawarkan kecepatan internet yang stabil. Hal ini dibuktikan oleh kehadiran layanan 5G yang ditawarkan di Indonesia. Dilansir dari KataData.co.id, Kominfo menargetkan pemerataan meluasnya layanan tersebut pada tahun 2024 hingga 2025. Dengan layanan 5G ini dapat memanjakan penikmat film dan games akan kualitas terbaik. 


Kemudahan penggunaan jaringan nirkabel membuat banyak orang memilih untuk beralih pada jaringan nirkabel dibandingkan menggunakan jaringan berkabel. Berkat adanya jaringan ini jarak dapat dijangkau dalam jarak dekat maupun jauh. Kendati demikian, jaringan nirkabel memiliki harga yang relatif lebih mahal oleh karena peralatan atau perangkat keras jaringan yang masih tinggi harganya.


Lalu, bagaimana sistem dan cara kerja jaringan nirkabel atau wireless ini? Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari jaringan nirkabel? Selengkapnya akan dijelaskan secara rinci pada episode ke empat oleh Jesseline dan Novel selaku pembawa podcast Hello World by Andalworks. (JO) 

Jacob