Tips Aman Internetan Dengan Wi-Fi Publik

By - Jacob
03-08-2022 04:30 PM

Ilustrasi Wi-Fi Publik. Sumber: Pixabay.com

Pada saat berpergian ke tempat umum, terkadang orang-orang mencari akses internet gratis melalui Wi-Fi publik yang tersedia. Contohnya pada saat di kafe, orang-orang cenderung memilih untuk menggunakan Wi-Fi publik yang ditawarkan secara gratis dan mudah untuk diakses. Selain itu, Wi-Fi publik yang tersedia di beberapa titik transportasi dapat berguna untuk pengguna yang membutuhkan saat paket internet sedang habis. 


Namun kenyataannya, fasilitas jaringan internet ini tidak selamanya aman. Ketika terhubung dengan Wi-Fi publik, ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada pengguna, seperti peretasan, pencurian data penting, dan risiko keamanan lainnya. Simak beberapa tips supaya Anda lebih aman untuk mengakses internet melalui Wi-Fi publik. 


Ilustrasi Perangkat Wi-Fi. Sumber: Pixabay.com

Cermati Nama Wi-Fi Yang Tersedia

Saat Anda mengunjungi tempat umum dan mencari jaringan internet gratis, pastikan Anda mencermati nama Wi-Fi publik yang tersedia. Ada kemungkinan peretas mencoba mengelabui pengguna menggunakan nama jaringan yang mencurigakan. Biasanya, peretas akan memakai nama yang sudah ada sehingga membuat bingung pengguna yang ingin terhubung dengan Wi-Fi publik. 


Jangan Menyambungkan Wi-Fi Secara Otomatis

Kebanyakan orang-orang menganggap sepele soal koneksi Wi-Fi yang dibiarkan menyala pada handphone maupun laptop. Hal tersebut dapat berisiko dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Perangkat Anda dapat dengan mudah diakses secara mobile jika sudah terhubung dengan jaringan yang tidak dikenal. Akibatnya, data-data penting dapat dengan mudah diambil oleh peretas.

Ilustrasi HTTPS. Sumber: Pixabay.com

Hindari Web Yang Tidak Menggunakan HTTPS

Website yang terenkripsi menggunakan HTTPS atau SSL Certificate terbukti lebih aman untuk diakses. Seluruh aktivitas yang menyangkut dengan data dan dilakukan melalui web tersebut dapat terlindungi. Bahkan, aktivitas seperti transfer data juga dapat dilakukan dengan aman. 


Jangan Lakukan Aktivitas Yang Vital

Jika sudah terhubung dengan Wi-Fi publik, maka Anda harus berhati-hati jika ingin mengakses data atau informasi yang bersifat penting. Data seperti nomor identitas, alamat rumah, ataupun informasi penting lain yang menyangkut keamanan pengguna dapat berisiko diretas. Maka dari itu, lebih baik menggunakan jaringan internet pribadi jika keadaan memang mengharuskan untuk mengakses data penting tersebut. 


Menggunakan Jaringan VPN (Virtual Private Network) 

Mengaktifkan VPN atau Virtual Private Network merupakan salah satu langkah preventif supaya terhindar dari peretasan. Dalam hal ini, kegunaan VPN melindungi privasi dan data pengguna dari jaringan publik yang tidak terpercaya. Selain itu, proses data juga sudah terenkripsi dan lokasi pengguna disembunyikan secara anonim supaya peretas tidak dapat mencuri sekaligus tidak mengetahui lokasi Anda. 


Dengan menerapkan beberapa tips di atas, pengguna diharapkan dapat lebih waspada dalam mengakses jaringan Wi-Fi publik sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Fasilitas Wi-Fi publik dari Nusa Solutions menawarkan jaringan internet yang aman untuk pengguna. Kunjungi website nusasolutions.com dan media sosial @nusasolutions untuk mengetahui berbagai penawaran menarik untuk kebutuhan internet Anda.

Jacob