Tips Memilih Jaringan Internet yang  Cocok untuk Kebutuhan di Rumah

By - Jacob
20-04-2022 06:40 AM

Sumber: Unsplash.com

Kesempatan untuk tinggal atau pindah ke rumah baru adalah kebahagiaan tersendiri dan keluarga. Terlebih lagi, memulai untuk mengisi barang-barang untuk kebutuhan rumah menjadi hal terpenting. Kebutuhan akan jaringan internet menjadi salah satu instrumen penting untuk menunjang aktivitas di rumah baru maupun bagi Anda yang ingin memilih jaringan internet. 


Saat ini sudah banyak penyedia jaringan yang menawarkan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan internet di rumah. Fiber optik dan wireless radio menjadi pilihan jaringan yang tersedia untuk kebutuhan bagi anggota keluarga di rumah. 


Sumber: Unsplash.com

Fiber optik merupakan jenis kabel yang terbuat dari bahan serat kaca halus yang berfungsi untuk menghantarkan sinyal listrik menjadi cahaya dan ditransmisikan dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan kecepatan tinggi dan jarak yang jauh. 


Jaringan ini mampu mengirimkan data dengan kapasitas yang sangat besar dan jangkauan yang sangat jauh. Selain itu, kabel fiber optik memiliki ukuran yang kecil sehingga bisa menghemat banyak tempat. Akan tetapi, terdapat kekurangan yang harus diperhatikan, yaitu biaya pemasangan dan perawatan yang cukup mahal, instalasi membutuhkan waktu yang cukup lama, dan ada berbagai regulasi yang harus ditaati. 


Sumber: Unsplash.com

Wireless adalah jenis teknologi yang berfungsi sebagai pengganti media kabel. Teknologi ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk melakukan proses pengiriman data dengan jarak tertentu dari satu lokasi ke lokasi lain. Keuntungan menggunakan wireless radio adalah instalasi lebih murah dan pemasangannya lebih cepat. 


Dengan adanya pilihan jaringan di atas, perlu Anda ketahui beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk memilih jaringan internet yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut poin penting yang wajib diketahui sebelum memilih jaringan internet di rumah: 

Ketahui Jumlah Anggota Keluarga dan Perangkat yang Terhubung 

Hal ini untuk memastikan berapa banyak anggota dan perangkat yang terhubung dengan jaringan. Bandwidth yang diambil dapat berpengaruh dari banyaknya aktivitas berinternet yang dilakukan oleh anggota keluarga. Pilihlah bandwidth yang sesuai supaya aktivitas berinternet semakin lancar dan aman. 


Ketahui Aktivitas yang Dilakukan Anggota Keluarga Saat Menggunakan Internet 

Setiap aktivitas berinternet yang dilakukan oleh anggota keluarga tentunya mempengaruhi kecepatan dan bandwidth yang dipilih. Maka dari itu, perlu untuk mengetahui seperti apa kegiatan tiap anggota keluarga sehingga bisa menyesuaikan dengan bandwidth yang ingin diambil. 


Contohnya, menonton video dengan kualitas super tinggi (UHD/4K), pengguna membutuhkan internet yang stabil dengan kecepatan minimal 15 Mbps. Sementara itu, anggota keluarga lain sedang mengunggah file yang besar. Jika bandwidth yang dimiliki besar, hal tersebut tidak akan masalah. Sebaliknya, akan membuat aktivitas terganggu. 


Pahami Paket Bandwidth yang Ditawarkan

Setelah mengetahui jumlah anggota keluarga, perangkat yang terhubung, dan aktivitas penggunaan internet, pelanggan harus memperhatikan paket bandwidth yang ditawarkan. Memilih bandwidth harus sesuai dengan kebutuhan dari pelanggan di rumah. Akan lebih baik bila memilih paket bandwidth yang lebih besar supaya pengalaman menggunakan internet dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan. 


Dalam memilih jaringan internet yang cocok untuk kebutuhan di rumah membutuhkan beberapa pertimbangan. Hal ini untuk menghindari ketidaknyamanan seperti halnya kecepatan internet yang lambat, sehingga setiap anggota keluarga dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan stabil.


Jacob