Tren Kendaraan Listrik Masa Depan 

By - Jacob
02-09-2022 05:30 PM

Ilustrasi Mobil Listrik. Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks -  Jakarta menempati urutan pertama menjadi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan indeks kualitas udara 193. Mengutip dari Kompas.com, penyumbang sumber polusi terbanyak terdapat pada sektor transportasi yakni dengan partikulat 2.5 (PM2.5), PM10, Nitrogen Oksida (NOx) dan Karbon Monoksida (CO). 


Demi meningkatkan kualitas udara Indonesia terutama di Jakarta, pemerintah saat ini secara perlahan melakukan transisi menuju netralisasi karbon secara bertahap. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya adalah menekan penggunaan bahan bakar fosil yang menjadi sumber polusi. Tahun 2060 diperkirakan semua bahan bakar fosil akan habis jika penggunaannya tidak dikurangi. 


Situasi tersebut menandakan Indonesia memerlukan pemanfaatan sumber energi terbarukan. Electric vehicle atau kendaraan listrik menawarkan salah satu solusi yang tepat atas permasalahan ini. Kendaraan listrik juga menguntungkan dari sisi lingkungan karena menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan sehingga dapat meningkatkan kualitas udara. Dari sisi teknologi, kendaraan listrik juga mendorong inovasi dalam industri teknologi dan manufaktur lokal. 


Perusahaan transportasi seperti Bluebird juga sudah menggunakan kendaraan listrik yang mampu menempuh jarak hingga 400 km dalam sekali pengisian. Selain itu, Grab turut meluncurkan armada mobil listrik yang tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada tahun 2020. 


Indonesia sendiri telah memproduksi motor listrik nasional yang diberi nama Gesits, yang merupakan hasil dari kerja sama yang melibatkan konsorsium penelitian perguruan tinggi dan BUMN maupun pihak swasta. Namun produksi motor listrik masih sangat terbatas, hanya sekitar 0,25% dari total target produksi yang diharapkan mencapai 1,76 juta pada tahun 2025. 


Apakah target produksi yang ditargetkan akan tercapai bersamaan dengan penambahan jumlah stasiun pengisian listrik umum, serta bagaimana kondisi sektor kendaraan listrik di Indonesia saat ini? Semua akan dibahas bersama Novel dan Zahron pada episode 11 di Podcast Hello World by Andalworks yang dapat didengarkan di seluruh platform podcast seperti Spotify, Apple Podcast, dan Google Podcast. (PA)



Jacob