Tren Media Sosial 2021 di Indonesia

By - Jacob
16-03-2022 06:30 PM

Sumber: unsplash.com

Jakarta - Keberadaan media sosial di era kemajuan teknologi ini kian melekat di tiap lapisan masyarakat. Para pengguna media sosial semakin mudah untuk terhubung dengan orang lain dan mendapatkan informasi secara cepat melalui ragam jenis media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Namun, apa saja yang paling banyak diakses oleh masyarakat Tanah Air? Berikut adalah pemaparannya. 


Berdasarkan hasil riset dari Katadata Insight Center (KIC) bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), terdapat sebanyak 73,9% responden menggunakan WhatsApp lebih dari satu jam dalam sehari. Selain itu, YouTube juga menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan, yakni sebanyak 70,6% responden yang menggunakan platform tersebut lebih dari satu jam per hari. 

Sumber: unsplash.com

Selanjutnya, Facebook menjadi media sosial ketiga yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Terdapat 58,4% responden menggunakan media sosial tersebut lebih dari satu jam dalam sehari. Sebagai informasi, riset ini dilakukan pada 14-21 Juli 2021 dengan total sebanyak 11.305 responden. 

Sumber: unsplash.com

Dari data yang diambil dari databoks.katadata.co.id, dapat disimpulkan bahwa WhatsApp menjadi media sosial yang paling banyak diakses dan diunduh selama 2021 oleh masyarakat Indonesia. Sebagai informasi, WhatsApp digunakan sebagai sarana untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan.


Itulah tren media sosial selama 2021 di Indonesia dengan adanya WhatsApp sebagai media sosial yang paling banyak digunakan. Andal People jangan lupa untuk Selalu bijak dalam bermedia sosial supaya terhindar dari hoax dan selalu berpikir dahulu sebelum posting! 

Jacob