Webinar UMKM Rakyat: Memaksimalkan Produk Ekspor Berkelas

By - Jacob
15-03-2022 02:03 AM

PRESS RELEASE – Produk ekspor yang dihasilkan oleh UMKM di Indonesia memiliki potensi untuk bersaing dengan produk-produk impor. Hal ini seirama dengan adanya inisiatif dari pemerintah Indonesia yang bersedia untuk membantu UMKM dalam membawa produk unggulannya ke pasar global. Namun, hal tersebut perlu disiasati dengan niat dan usaha dari para pelaku usaha serta pemahaman akan pentingnya suatu standar kualitas.

Sebagai langkah dalam memajukan UMKM Indonesia, Andalworks melalui program UMKM Rakyat mengadakan webinar bertajuk ‘Memaksimalkan Kualitas Produk Ekspor’ dengan mengupas strategi yang dapat dilakukan para pelaku usaha untuk meningkatkan produknya. 

dr. Fonni Safira Lubis, selaku Program Director UMKM Rakyat, dalam webinar pada Senin, 7 Maret 2022, memaparkan “Di era digital saat ini, UMKM Indonesia dapat dengan mudah meningkatkan usahanya dengan memasarkan melalui berbagai macam media, seperti website. Andalworks melalui program UMKM Rakyat, menawarkan program pembuatan website gratis untuk para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya di internet sehingga dapat menjangkau market yang lebih luas.” 

Acara ini turut dihadiri oleh Danang Girindrawardana, selaku Executive Director Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), yang menjelaskan langkah awal untuk meningkatkan produk berkelas ekspor yang wajib diketahui pelaku UMKM.


“Seorang wirausahawan perlu meningkatkan mutu usahanya dengan meningkatkan beberapa aspek seperti kualitas produk, sarana branding digital, dan status badan hukum sehingga mampu menciptakan produk yang kompetitif. Maka dari itu, upaya memaksimalkan kualitas produk ekspor bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.” ungkapnya. 

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan target untuk meningkatkan kontribusi ekspor UMKM sebesar 21,6% pada tahun 2024 dari total kontribusi saat ini sebesar 14,5%. Dengan angka saat ini, kontribusi UKM di Indonesia masih jauh dari negara-negara APEC yang berkisar 35%.

UMKM Rakyat merupakan salah satu program dari Andalworks yang dibuat khusus untuk para pelaku UMKM di Indonesia dalam menggunakan teknologi informasi digital secara maksimal. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.umkmrakyat.id dan ikuti akun sosial media untuk mengetahui kabar terbaru dan acara yang akan datang di Instagram @umkmrakyat dan Twittter @umkmrakyat.

Jacob