Wi-Fi 6E: Koneksi Internet Yang Lebih Cepat Dari Wi-Fi 6

By - Jacob
10-08-2022 04:30 PM

Ilustrasi Router Wireless. Sumber: Unsplash.com

Pada tahun 2019, Wi-Fi 6 hadir dengan menawarkan jaringan internet Wi-Fi yang cepat dibanding generasi sebelumnya yakni Wi-Fi 5. Hanya butuh waktu satu tahun untuk menggemparkan industri IT dengan kehadiran Wi-FI 6E oleh Wi-Fi Alliance pada tahun 2020. Wi-Fi 6E merupakan tipe Wi-Fi terkini yang memakai standar dari Wi-Fi 6. 


Wi-Fi 6E menawarkan lebih banyak kelebihan dibanding pendahulunya dan diyakini dapat memberikan koneksi internet yang lebih baik. Walaupun menggunakan teknologi yang sama, yakni 802.11ax, perangkat Wi-Fi ini memiliki banyak perbedaan. Lalu, apa saja perbedaannya dari Wi-Fi 6?

Perbedaan Wi-Fi 6 & Wi-Fi 6E

  • Mendukung lebih banyak saluran dan pita spektrum yang lebih luas hingga 6 GHz,
  • Latensi dan ping lebih rendah,
  • Lebih cepat dan stabil,
  • Mengurangi masalah bottleneck pada sinyal,
  • Gangguan lebih sedikit,
  • Mobile Roaming lebih baik,
  • Mendukung kebutuhan internet yang berat seperti video streaming 4K atau 8K.


Tipe Wi-Fi 6E ini mendukung perkembangan AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) sehingga memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan perangkat tersebut. Tidak hanya itu, Wi-Fi 6E mampu mendukung jaringan internet yang lebih lancar walaupun diletakan di lokasi yang padat oleh pengguna. 


Tipe Wi-Fi 6E sudah banyak diterapkan pada perangkat smartphoneflagship seperti Google Pixel 6, Samsung Galaxy S21 Ultra, dan Asus Zenfone 8. Namun, jika ingin merasakan kualitas internet terbaik, perangkat yang sudah didukung dengan Wi-Fi 6E juga harus diakomodasi oleh tipe router yang sejenis. 


Teknologi Wi-Fi akan terus berkembang dan selalu muncul inovasi-inovasi terbaru demi menunjang kebutuhan internet. Apalagi jaringan 5G saat ini sudah mulai dibangun tidak hanya di kota besar melainkan di berbagai daerah. Pengembangan teknologi Wi-Fi 7 saat ini sedang dikembangkan dan digadang-gadang akan hadir pada tahun 2023. Tentunya dengan teknologi yang lebih baik dan lebih canggih dibanding dengan standar internet saat ini.

Jacob