Digital Marketing di Era Digitalisasi

By - Jacob
07-07-2022 10:30 AM

Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi menggunakan media digital dan internet untuk mempromosikan produk ke pasar. Tujuannya adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen dengan cepat sehingga pelanggan dapat berinteraksi mengenai produk melalui media digital. 


Media konvensional seperti majalah, baliho, spanduk, saat ini sudah lebih sedikit diminati oleh brand dikarenakan adanya perkembangan teknologi digital yang memberikan dampak yang lebih besar. Kegiatan marketing tentu saja perlu menyesuaikan dan memanfaatkan internet agar bisnis jauh lebih menguntungkan. 


Dengan menerapkan digital marketing, maka biaya yang dikeluarkan untuk promosi akan jauh lebih hemat. Karena pelaku bisnis sudah tidak perlu lagi mengeluarkan dana yang besar, khususnya untuk pembuatan spanduk, brosur, atau iklan di media cetak maupun televisi. Kini, media sosial seperti Instagram, TikTok dan Twitter bisa digunakan secara maksimal sebagai sarana promosi. 


Penerapan digital marketing secara tepat akan membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan data yang akurat terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan pelanggan termasuk tentang perilaku dalam berbelanja, produk-produk disukai dan sebagainya sehingga pelaku bisnis dapat mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. 


Masih ada banyak lagi penerapan digital marketing dan tren digital marketing yang perlu diketahui oleh calon pelaku usaha. Agar Andal Listeners bisa menjadi pebisnis yang sukses, dengarkan podcast Hello World by Andalworks yang dibawakan oleh Pretty dan Novel di season 3 episode 5. (PA)


Jacob