Digitalisasi Bisnis Untuk Kemajuan Di Era Digital

By - Jacob
12-08-2022 06:10 AM

Ilustrasi. Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Pada era industri 4.0, hampir seluruh aspek kehidupan menggunakan akses koneksi internet. Khususnya industri bisnis yang mengharuskan untuk bertransformasi secara digital supaya bisa berkompetisi dan menjalankan usaha secara lebih mudah. Pengusaha bisnis harus mengikuti perkembangan teknologi saat ini dengan cekatan.


Arti dari digitalisasi merupakan proses transformasi suatu aktivitas yang dilakukan secara konvensional menjadi digital. Terminologi ini diambil dari proses perubahan media cetak yang kini sudah berubah menjadi digital. Digitalisasi pada sektor bisnis terjadi pada setiap aspek dari bisnis itu sendiri seperti transformasi pada cara transaksi, pembukuan, maupun penyediaan akses internet yang dapat diandalkan. 


Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2021, jumlah UMKM yang bertransformasi digital baru mencapai 19% atau sekitar 12 juta UMKM. Maka dari itu, pemahaman mengenai digitalisasi menjadi hal yang penting sehingga pengusaha bisa menyesuaikan dengan kondisi tren teknologi saat ini. 


Dengan inisiatif untuk melakukan digitalisasi pada bisnis, pemilik usaha juga memiliki kesempatan untuk bisa memajukan kualitas produknya di pasar internasional. Para pelaku usaha dapat menciptakan strategi digital yang tepat untuk memasarkan produk melalui platform marketplace yang ada seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, sebagai permulaan untuk memasarkan produknya melalui e-commerce di Indonesia. 


Podcast Hello World by Andalworks menyajikan episode yang membahas secara lengkap mengenai digitalisasi bisnis dan perkembangannya di Indonesia. Bersama dengan Zahron dan Jesseline di episode 8 yang dapat didengarkan melalui berbagai platform podcast seperti Spotify, Anchor.fm, Google Podcasts, dan Apple Podcast.


Jacob