Sejarah Perkembangan Artificial Intelligence

By - Jacob
17-05-2022 06:30 PM

Sumber: Unsplash.com

Podcast Hello World by Andalworks - Tidak bisa dipungkiri perkembangan industri 4.0 erat kaitannya dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Artificial Intelligence adalah sebuah kecerdasan buatan yang diciptakan dan ditanamkan ke dalam mesin, sehingga membuat mesin tersebut mampu berpikir dan mengambil keputusan sendiri selayaknya manusia. 


Perkembangan AI dari masa ke masa berdampak pada banyak aspek dalam kehidupan manusia mulai dari cara kita bersosialisasi, bekerja, hingga mencari pekerjaan. Teknologi ini  juga sudah diterapkan di berbagai sektor pekerjaan mulai dari manufaktur, retail, hingga perbankan. 


Secara umum, AI berfungsi sama seperti manusia. Dikutip dari Research Enterprise dan Investopedia, kecerdasan buatan ini mengolah informasi melalui proses pembelajaran termasuk perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi, penalaran dengan menggunakan aturan untuk mencapai perkiraan kesimpulan yang pasti, dan koreksi diri. 


Selain itu, AI digunakan untuk memahami dan memberikan sebuah solusi dengan cara yang cepat dan praktis. Dengan adanya perkembangan AI, segala aktivitas dan pekerjaan semakin mudah dan bisa memberikan hasil yang maksimal. 


Selengkapnya dibahas secara mendalam mengenai sejarah perkembangan AI bersama Abi dan Fara di episode 11 podcast Hello World By Andalworks. #diidcolo (PA) 

Jacob