Mengenal Transformasi Digital di Tempat Umum

By - Jacob
08-06-2022 11:30 AM
Sumber: Unsplash.com

Transformasi digital merupakan suatu proses perubahan dari analog menjadi digital. Khususnya di era industri 4.0, fenomena ini menghasilkan berbagai pengembangan teknologi lanjutan seperti teknologi kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT) yang terhubung langsung dengan jaringan internet. 


Proses transformasi digital ini menciptakan inovasi-inovasi baru yang mendukung pekerjaan manusia, contohnya robot AI, cloud computing, dan Google assistant. 


Saat ini, kita telah mengalami proses digitalisasi dalam semua bidang, mulai dari jam tangan cerdas, kamera analog ke kamera digital, hingga transportasi publik. Sistem operasi secara otomatis dengan sistem komputerisasi. 


Perubahan cara hidup seperti ini menjadi sebuah loncatan dalam budaya masyarakat yang dulunya melakukan segala sesuatu secara manual beralih ke segala sesuatu yang mengandalkan kecanggihan teknologi. 


Salah satu contoh nyata dari proses transformasi digital dapat dilihat pada industri transportasi. Sebelumnya adanya ojek online, masyarakat harus berjalan kaki menghampiri ojek yang ada di pangkalan. Kini, kita semakin dimudahkan dengan tersedianya layanan dari Gojek dan Grab yang lebih efisien hanya dengan satu sentuhan di handphone. 


Supaya tetap up to date, Andal Listeners wajib mendengarkan podcast Hello World by Andalworks. Di episode ke 14, akan ada banyak pembahasan mengenai fenomena transformasi digital yang sering kita temui sehari-hari. Tayang setiap hari Selasa dan Kamis di seluruh platform podcast seperti Google Podcast, Apple Podcast, dan Spotify. (PA)

Jacob